Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet

5 Cara Mencari Rumah Subsidi yang Berkualitas

2 min read

Mencari Rumah Subsidi

Sejak dulu, rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Akan tetapi saat ini, memiliki sebuah rumah terasa cukup sulit untuk terpenuhi. Salah satu faktor rumah sulit terpenuhi adalah harganya yang makin hari semakin naik dan mahal. Akan tetapi kemudian muncul rumah subsidi yang menjadi solusi untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Lantas, bagaimana cara mencari rumah subsidi yang berkualitas? Yuk cari tahu caranya disini.

Jangan Mudah tertipu Dengan Brosur

Saat akan membeli rumah, kebanyakan orang pasti akan mencari informasi rumah dijual terlebih dahulu. Entah itu dari media internet, media elektronik, hingga media brosur dari beberapa pengembang. Di saat telah memegang brosur hunian subsidi, maka ada baiknya jangan tertipu dengan tampilan rumah dalam brosur. Akan lebih baik jika datang langsung ke lokasi rumah tersebut.

Biasanya pada brosur akan tertera alamat perumahan yang diiklankan. Dengan demikian bisa langsung mendatangi alamat yang tertera. Disana periksa dengan seksama apakah rumah yang dimaksud benar benar nyaman untuk ditinggali. Periksalah kondisi fisik bangunan rumah, apakah kokoh atau tidak. Kemudian periksa akses jalan ke rumah tersebut apakah sudah baik. selagi ada kesempatan, pastikan bahwa rumah tersebut layak untuk dibeli.

Pastikan Akses Menuju Lokasi Baik

Salah satu cara mencari rumah subsidi yang berkualitas adalah dengan memastikan bahwa akses menuju lokasi tersebut baik. Rumah yang memiliki aksesibilitas baik, berarti rumah tersebut berada di lokasi yang strategis dan dapat dilalui oleh transportasi umum. Sehingga nantinya Anda tidak akan merasa kesulitan pada saat ingin bepergian, atau kerabat tidak akan merasa kesulitan menjangkau lokasi rumah saat berkunjung.

Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa lokasi rumah yang ingin dibeli tersebut memiliki jalan yang bagus, tidak berlubang, dan tidak rawan longsor. Pasalnya kondisi jalan yang tidak baik akan mengurangi kualitas berkendara. Tidak hanya itu, kendaraan pun akan mudah rusak jika sering digunakan pada jalan yang rusak. Kondisi jalan yang berlubang juga sangat berbahaya, sebab dapat menyebabkan kecelakaan.

Periksa Sistem Pembuangan

Tidak hanya memeriksa kondisi fisik rumah saja, cara mencari rumah subsidi yang berkualitas juga perlu memerhatikan pada sistem pembuangan. Sebab urusan sanitasi merupakan suatu hal yang penting. Oleh karena itu, ada baiknya pastikan septic tank dibuat dengan ukuran sesuai standar yakni minimal 1,5 meter ke bangunan. selain itu, pastikan septic tank memiliki jarang tidak kurang dari 10 meter dari sumur pompa air bersih.

Periksa Kondisi Air dan Listrik

Air dan listrik merupakan dua hal penting yang wajib diperiksa pada saat mencari hunian untuk dibeli. Pasalnya air dan air memiliki peranan penting untuk membuat rumah menjadi nyaman dan layak huni. Listrik penting sebagai sumber energi guna menghidupkan pencahayaan rumah pada malam hari, sedangkan air berperan penting untuk sanitasi dan urusan rumah tangga lainnya.

Perlu diketahui bahwa selesai dibangun, hunian subsidi biasanya tidak langsung dipasangi jaringan listrik maupun air. Oleh karena itu, pastikan bahwa pihak pengembang untuk segera memasang aliran listrik dan air. Jangan sampai pada saat Anda sudah menempati rumah tersebut, merasa kebingungan untuk mendapatkan sumber air dan juga listrik.

Cari Hunian yang Tidak Jauh Dari tempat Kerja

Langkah selanjutnya dalam cara mencari rumah subsidi adalah pastikan jika lokasi rumah tersebut tidak jauh dari tempat kerja. hal ini karena rumah yang terlalu jauh dari tempat kerja bisa menimbulkan stres sehingga produktivitas menurun, yang disebabkan karena terlalu lama berada di jalan. Selain itu, rumah yang terlalu jauh juga bisa membuat pengeluaran menjadi lebih boros.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat tengah mencari hunian subsidi yang berkualitas. Kadang kali hunian subsidi menjadi alternatif untuk sebagian orang yang belum mampu memiliki rumah dengan harga yang cukup mahal. Meskipun rumah murah, namun rumah bersubsidi bisa menjadi rumah impian yang nyaman apabila Anda pintar memilih yang berkualitas. Berminat beli rumah subsidi?

Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet