Cara Pemasangan Panel Surya dan Biayanya

Panel surya merupakan salah satu teknologi alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah. Cara pemasangan panel surya bisa dilakukan sendiri maupun lewat lembaga atau perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan.

Listrik yang dihasilkan dari panel surya bersumber dari energi sinar matahari. Untuk daerah tropis seperti di Indonesia, bisa menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan sumber listrik. Salah satu kelebihan dari panel surya adalah energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik merupakan energi gratis dari sinar matahari.

Selain itu, panel surya juga merupakan teknologi yang ramah lingkungan, karena hanya memanfaatkan sinar dari matahari. Anda hanya perlu memasang panel surya di atap rumah untuk menghasilkan listrik.

Kemajuan teknologi juga membuat perkembangan panel surya semakin maju. Dulu untuk dapat menghasilkan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah, membutuhkan banyak lempengan solar cell. Kini, hanya dengan panel surya berukuran 10 meter bisa mencukupi kebutuhan listrik rumah selama 24 jam.

Banyak peneliti yang mengatakan bahwa panel surya merupakan salah satu contoh teknologi yang akan banyak digunakan di masa depan. Hal itu mungkin saja terjadi, karena panel surya ramah lingkungan dan proses cara pemasangan panel surya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Salah satu bentuk kemajuan teknologi memang mulai mengedepankan teknologi yang ramah lingkungan, contohnya seperti mobil listrik. Mobil listrik merupakan mobil yang menggunakan bahan bakar listrik dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi.

Pemerintah bahkan terus berupaya mendorong masyarakat untuk mulai beralih menggunakan mobil listrik karena lebih ramah lingkungan dengan membuat kebijakan yang menguntungkan bagi pemilik kendaraan. Salah satu bentuk kebijakannya adalah pajak gratis bagi pemiliknya.

Cara Pasang Panel Surya

Panel surya bisa dipasang di berbagai tempat, seperti di lahan kosong, dipasang pada tiang dan juga atap rumah. Namun panel surya untuk perumahan akan lebih efektif jika panel surya dipasang di bagian atap rumah. Pemasangan di atap tentu tidak membutuhkan ruang tambahan khusus dan lebih bagus karena bisa langsung menangkap sinar matahari.

  1. Membuat dudukan tempat panel surya

Langkah pertama cara pasang panel surya adalah dengan memasang rangka besi di bagian atap rumah. Rangka besi nantinya digunakan sebagai tempat untuk memasang panel surya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Bangunan

Setelah rangka besi terpasang, kemudian buatlah dudukan panel surya yang dibuat dengan rapat menggunakan baut stainless agar panel surya bisa terpasang dengan kokoh dan tidak mudah geser. Perhatikan juga jarak antara genteng dan panel surya, agar tidak merusak genteng.

  1. Posisi menghadap sinar matahari

Pemasangan panel surya harus menghadap sinar matahari. Listrik akan diperoleh ketika solar cell menangkap energi dari sinar matahari.

Sinar matahari yang paling bagus untuk menghasilkan energi listrik adalah ketika siang hari. Pastikan posisi panel surya terpasang dengan benar agar dapat menangkap energi sinar matahari dengan baik. Dengan demikian maka Anda akan mendapatkan energi listrik yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah.

  1. Hilangkan penghalang sinar matahari

Penghalang yang menghalangi panel surya untuk memperoleh energi sinar matahari harus dihilangkan. Seperti contohnya pohon yang dapat menghambat panel surya mendapatkan sinar, harus dipangkas.

Anda juga harus melakukan observasi langsung selama seharian untuk memastikan bahwa tidak ada objek yang menghalangi panel surya menerima energi matahari. Akan lebih bagus jika objek yang ada di sekitar panel surya memiliki tinggi di bawah atap rumah, sehingga panel surya akan lebih optimal. Cara pemasangan panel surya yang tepat akan menghasilkan energi listrik yang lebih maksimal.

Cara Merakit Panel Surya

Setelah sebelumnya dijelaskan tentang cara pemasangan panel surya dengan benar, selanjutnya Anda akan mempelajari cara merakit panel surya. Pemasangan panel surya di awal memang membutuhkan biaya yang relatif tidak murah. Namun, biaya setelahnya akan jauh lebih sedikit karena hanya membutuhkan perawatan aki sebagai penyimpan listrik.

Menggunakan panel surya bisa dibilang akan lebih menguntungkan dan juga ramah lingkungan. Berikut bahan yang diperlukan untuk membuat panel surya yang meliputi:

  • Panel surya

Panel surya merupakan bahan utama yang berguna sebagai penghasil listrik. Sinar matahari mengandung sebuah energi yang berbentuk fotan. Ketika energi fotan mengenai panel surya elektron akan tereksitasi menimbulkan aliran arus listrik.

Prinsip tersebut disebut juga dengan fotoelektrik. Bahan pembuat panel surya merupakan material semikonduktor yang mengandung silikon yang terdiri dari lapisan negatif dan positif.

Ada dua jenis panel surya yang bisa digunakan yaitu monokristalin dan polikristalin. Panel jenis monokristalin merupakan panel teknologi terbaru yang paling efektif untuk menghasilkan listrik lebih besar.

  • Solar charge controller

Solar charge controller merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengontrol proses pengisian listrik yang dihasilkan dari panel surya ke sebuah aki yang kemudian menyalurkan ke komponen listrik rumah, baik itu TV, lampu dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Kerja Kontraktor, Dibahas Lengkap !

Ada dua jenis solar charger yaitu pulse width modulator atau PWM dan maximum power point tracking atau MPPT. Solar charger jenis MPPT lebih efisien dan banyak digunakan sebagai controler dalam panel surya.

  • Aki

Aki digunakan sebagai penyimpanan listrik. Secara konstruksi, aki dibedakan menjadi dua jenis yaitu aki kering dan basah. Anda bisa memilih aki yang cocok sebagai media menyimpan listrik yang dihasilkan dari panel surya,

  • Inverter

Inverter merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengubah arus. Aki menyimpan listrik dalam bentuk arus DC yang nantinya akan diubah menjadi arus AC. Sebagian besar komponen atau alat yang menggunakan daya listrik dalam rumah menggunakan arus AC.

Ada tiga jenis inverter yang diantaranya pure sine wave, modified sine wave dan square wave. Inverter terbaik yang bisa dipilih adalah pure sine wave yang memiliki gelombang ideal seperti listrik PLN.

Manfaat Panel Surya

Setelah mengetahui cara pemasangan panel surya, selanjutnya akan dijelaskan manfaat menggunakan panel surya. Panel surya merupakan teknologi untuk menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi sinar matahari. Menggunakan panel surya akan memberikan manfaat diantaranya:

  • Mengurangi biaya listrik dalam jangka panjang karena biaya dikeluarkan hanya pada saat proses pemasangan.
  • Mengurangi ketergantungan listrik PLN.
  • Ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi karena hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi.
  • Bisa digunakan ketika terjadi pemadaman listrik PLN.

Itulah manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan panel surya. Untuk informasi biaya pemasangan panel surya bisa dicari di mesin pencari Google.

Penutup

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa panel surya merupakan teknologi untuk menghasilkan sumber listrik dengan memanfaatkan energi gratis sinar matahari. Panel surya cocok digunakan di daerah tropis seperti di Indonesia.

Panel surya juga merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan tidak memiliki dampak merusak. Cara pemasangan panel surya bisa dilakukan di atap rumah, sehingga tidak membutuhkan lokasi khusus.