Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter

Harga borongan pasang keramik per meter sebaiknya diketahui di awal, mengingat jasa pasang keramik serta dinding akan memakan biaya yang tidak sedikit. Meskipun sebenarnya pemasangan tersebut bisa dilakukan secara mandiri tetapi harus memiliki skill khusus.

Jika Anda tidak memiliki skill tersebut, biaya yang harus dikeluarkan untuk membereskan hasil kerja Anda justru akan lebih mahal daripada menyewa jasa pasang keramik dari awal.

Harga borongan pasang keramik per meter biasanya akan dihitung per meternya. Sehingga bisa saja penghitungannya kasar di awal kemudian nantinya baru mencocokkan dengan kondisi aktualnya.

Pasang Keramik

Lantai dan dinding adalah bagian dari bangunan yang vital, terlebih lantai yang paling banyak menanggung beban aktivitas di dalamnya. Apabila pemasangannya tidak sesuai, bisa jadi keramik yang dipasang akan lebih cepat rusak sehingga berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari.

Demikian dengan dinding, apabila pemasangannya tidak tepat maka bisa jadi terjadi rembesan air ketika terjadi hujan lebat. Hal ini juga sebenarnya berlaku untuk pemasangan keramik pada lantai kamar mandi yang lebih banyak terkena air.

Jika dihitung-hitung dengan tepat, Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau menggunakan borongan pasang keramik. Dibandingkan biaya perbaikan dan perawatan apabila Anda melakukan pemasangan secara mandiri.

Berapa Biaya Borongan Pasang Keramik Per Meter Persegi?

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini harga borongan pasang keramik dinding per meter. Tetapi untuk akurasi harganya kembali bergantung pada penggunaan jenis keramik dan dindingnya. Semakin lebar dan kompleks pemasangannya maka bisa mempengaruhi harga Borongan yang dimaksud.

Selain persoalan jenis keramik yang digunakan, terdapat pula biaya peralatan. Misalnya pemasangan tangga agar bisa mencapai dinding yang berada di bagian atas. Berikut ini upah pasang keramik per meter persegi.

Keramik lantai dengan ukuran 100 x 100 biayanya 65 ribu rupiah

Keramik lantai dengan ukuran 80 x 80 biayanya 45 ribu rupiah

Keramik lantai dengan ukuran 60 x 60 biayanya 32,5 ribu rupiah

Keramik lantai dengan ukuran 40 x 40 biayanya 30 ribu rupiah

Keramik lantai dengan ukuran 30 x 30 biayanya 28 ribu rupiah

Keramik lantai dengan ukuran 25 x 25 biayanya 25 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 120 x 60 biayanya 75 ribu rupiah

Baca Juga :  Mushola minimalis dalam Rumah, Ukuran ?

Keramik dinding dengan ukuran 40 x 80 biayanya 64,5 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 30 x 60 biayanya 62 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 120 x 30 biayanya 68 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 120 x 20 biayanya 65 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 25 x 75 biayanya 54 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 25 x 50 biayanya 42 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 25 x 40 biayanya 38,5 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 25 x 30 biayanya 38 ribu rupiah

Keramik dinding dengan ukuran 20 x 25 biayanya 35 ribu rupiah

Keramik lantai mozaik biayanya 75 ribu rupiah

Keramik lantai pilar biayanya 65 ribu rupiah

Keramik klem plus pinggul biayanya 35 ribu rupiah

Keramik klem lantai biayanya 28 ribu rupiah

Keramik trap tangga biayanya 95 ribu rupiah

Upah pasang keramik trap tangga plus pinggul biayanya 135 ribu rupiah

Keramik border biayanya 25 ribu rupiah

Keramik pasang biayanya 18,5 ribu rupiah.

Daftar Harga Borongan Bongkar Keramik dan Dinding Per Meter Persegi

Harga borongan pasang keramik per meter tidak hanya tersedia untuk pemasangannya saja, tetapi juga harga bongkarnya. Meskipun pembongkaran, tetapi harganya juga terhitung per meter persegi pula.

Untuk harga bongkar keramik lantai biayanya 100 ribu rupiah per meter persegi. Sementara harga bongkar keramik dinding biayanya 125 ribu rupiah per meter persegi.

Keramik dan Dinding Per Meter Persegi

Bongkar floor drain biayanya 150 ribu rupiah, bongkar closet duduk biayanya 50 ribu rupiah, bongkar closet jongkok biayanya 250 ribu rupiah, bongkar wastafel biayanya 100 ribu rupiah serta bongkar kran shower biayanya 150 ribu rupiah.

Kualitas Keramik

Sebelum mulai mengerjakan harga borongan pasang keramik per meter, Anda bisa mempersiapkan jenis keramik sendiri. Sayangnya banyak orang yang justru memilih keramik hanya berdasarkan harga dan coraknya saja, bukan melihat dari segi kualitasnya.

Jika Anda tidak memahami kualitas dari keramik yang digunakan, bisa jadi nantinya akan timbul masalah ketika sudah masuk ke proses pemasangannya. Sehingga sebelum membelinya, sebaiknya pahami jenis kualitas keramik terlebih dahulu. Berikut ini kategori kualitas keramik.

  • Jenis KW 1

Jenis keramik KW 1 merupakan jenis keramik yang memiliki kualitas terbaik serta paling menyerupai keramik asli. Tidak hanya bagus kualitasnya saja, tetapi ukurannya pun serupa sehingga mempermudah proses pemasangannya. Meskipun ukurannya serupa tetapi dalam pemasangannya sebaiknya dilakukan dengan teliti agar hasilnya lebih maksimal.

  • Jenis KW 2

Sebelum mengetahui harga borongan pasang keramik per meter sebaiknya juga ketahui kualitas dari jenis keramik. Salah satunya yaitu jenis KW 2 yang memiliki kualitas bagus walaupun bukanlah yang terbaik.

Baca Juga :  Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman

Ukuran jenis keramik ini juga bisa dikatakan mirip dengan aslinya tetapi pinggirannya kurang rata. Jika Anda hendak memilih jenis keramik ini sebaiknya pilihlah yang memiliki ukuran sudut presisi dengan tingkat kekerasan baik.

  • Jenis KW 3 

Keramik ini biasanya digunakan sebagai alternatif untuk menghemat biaya. Tetapi jika memutuskan untuk membeli jenis keramik ini, Anda harus siap untuk menerima resiko karena banyak kekurangannya. Tetapi hal ini wajar karena harganya yang memang murah.

  • Keramik Porselen

Keramik porselen adalah keramik yang berbahan dasar tanah liat berwarna putih. Tampilan dari keramik ini terbilang sangat menawan karena permukaannya yang cerah dan mengkilap. Hal tersebut karena materialnya dilapisi oleh kaca.

  • Keramik Marmer

Jenis keramik ini merupakan jenis lantai yang memiliki harga tertinggi. Sebab marmer menawarkan visualisasi yang mewah serta daya tahan yang sangat kuat. Marmer memiliki corak indah dan banyak digunakan di rumah bergaya mewah.

  • Keramik Semen

Jenis keramik ini menjadi semen sebagai bahan utamanya, dimana daya tahannya termasuk kuat. Tidak hanya itu saja, pemasangannya pun cenderung mudah dengan harga yang terjangkau.

  • Keramik Teraso

Jenis keramik ini terbilang unik serta banyak peminatnya karena tampilannya tersebut. Lantai ini terbuat dari beberapa bahan baku seperti marmer, batu alam dan granit.

  • Keramik Motif Kayu

Keramik ini menjadi alternatif bagi Anda yang masih ragu-ragu menggunakan kayu asli untuk material lantai di rumah. Keramik motif ini memiliki tampilan serupa dengan kayu asli, tetapi dari segi materialnya tentu jika dipahami akan tampak berbeda.

Harga borongan pasang keramik per meter pada dasarnya akan kembali lagi pada jenis keramik serta luasnya area yang dibongkar dan dipasang. Meskipun bisa dikerjakan sendiri tetapi hasilnya tentu kurang maksimal tidak seperti menggunakan jasa pasang keramik. Terlebih proses ini juga biasanya melibatkan pembongkaran jika bangunan Anda direnovasi, bukan bangunan baru.