Jenis dan Daftar Harga Pasang Kanopi Per Meter Terbaru

Saat membangun rumah kanopi menjadi salah satu aksesoris bangunan yang cukup digemari. Singkatnya, kanopi adalah aksesori seperti ubin yang memiliki fungsi sebagai atap yang menutupi halaman rumah.

Untuk memasang kanopi, yang harus diperhatikan adalah harga dan jenisnya, harga pasang kanopi per meter berbeda-beda sesuai dengan jenis kanopi yang dipilih.

Apa Itu Kanopi?

Kanopi adalah tirai, atap atau atap tambahan yang berfungsi untuk menahan panas. Teras dan juga kendaraan seperti mobil atau motor biasanya dilindungi oleh kanopi.

Selain fungsi pelindung, keberadaan kanopi juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keindahan desain bangunan.

Apa Fungsi Kanopi?

Ada banyak keuntungan memasang kanopi di rumah. Secara fungsional, kanopi dapat digunakan untuk melindungi teras atau mobil atau motor dari sinar matahari langsung dan mencegah lantai licin akibat hujan. Karena pemasangan kanopi biasanya dilepas ke bagian depan pagar.

Selain itu, dengan pemasangan kanopi dapat melindungi rumah dari benda atau kotoran yang jatuh dari atas, seperti daun dan batang yang jatuh karena pengaruh angin. Dengan jenis dan harga pasang kanopi per meter yang bermacam-macam bisa disesuaikan dengan bentuk kanopi yang disukai serta biaya yang dimiliki.

Berapa Jenis dan Harga Kanopi Permeter yang Terbaru?

Saat ini ada berbagai model dan jenis kanopi sehingga lebih mudah untuk dipilih sesuai selera dan kebutuhan, seperti polikarbonat, spandek, alderon, solar stuff, onduline

  1. Polikarbonat

Polycarbonate atau polikarbonat adalah jenis atap plastik berongga. Bahan polikarbonat tersedia dalam berbagai warna, gaya, dan desain. Anda dapat memilih warna dan bentuk favorit sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa jenis polikarbonat yang tersedia di pasaran antara lain, lexan, twinlite, starlite, solarflat, solartuff, carbolux, lexan, carboron, GE, molydex, x-lite, dan cladian plast. Harga per meter untuk kanopi jenis ini juga beragam. Untuk harga pasang kanopi per meter jenis polikarbonat dibagi kembali menjadi tiga jenis antara lain:

Jenis Kanopi Polikarbonat Harga (per meter)
biasa Rp. 300.000
modern Rp. 310.000
premium Rp. 350.000
sangat premium Rp. 360.000
  1. Spandek

Kanopi spandek memiliki bentuk yang bergelombang. Atap jenis ini terbuat dari paduan aluminium dan seng, sehingga kadang-kadang disebut zincalume. Jenis bahan ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan atap polikarbonat.

Bahan atap ini dapat bertahan lebih dari 30 tahun. Sayangnya, jenis kanopi spandeks atau zincalume ini lebih kaku dan kurang dekoratif. Harga pemasangan per meter untuk kanopi spandek juga disesuaikan dengan jenisnya dari yang biasa sampai paling premium.

Baca Juga :  7 Tips Jitu Membeli Rumah Bekas yang Berkualitas
Jenis Kanopi Spandek Harga (per meter)
biasa Rp. 220.000
modern Rp. 250.000
premium Rp. 300.000
sangat premium Rp. 320.000
  1. Alderon

Alderon adalah jenis atap yang terbuat dari bahan plastik bebas polivinyl klorida (UPVC). Kelebihan atap ini adalah memiliki konstruksi ruang udara berlapis ganda yang dapat menahan panas dan dapat menyerap suara seperti air hujan. Sayangnya, harga atap jenis ini cukup mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.

Jenis Kanopi Alderon Harga (per meter)
biasa Rp. 410.000
modern Rp. 420.000
premium Rp. 450.000
sangat premium Rp. 460.000
  1. Sollar Stuf

Atap solar stuff terbuat dari bahan polikarbonat bergelombang. Keunggulannya antara lain, memiliki design yang elegan, bahan seperti kaca namun lebih kuat kekuatannya 250 kali dari kaca dan lebih kuat 20 kali dari akrilik, mampu meredam heat atau panas tanpa mengurangi cahaya yang masuk, pemasangan dan pembuatan yang mudah serta tahan terhadap perubahan suhu dari minus 20 hingga 120 derajat Celcius.

Jenis Kanopi Alderon Harga (per meter)
biasa Rp. 240.000
modern Rp. 270.000
premium Rp. 450.000
sangat premium Rp. 460.000
  1. Onduline

Hampir sama dengan sollar stuf, kanopi jenis ini dibuat dengan bahan polikarbonat bergelombang. Namun keunggulan dari kanopi ondule sedikit berbeda, yaitu dapat meredam suara air hujan yang cukup bising. Hasilnya, ini dapat menciptakan rasa nyaman yang lebih pada lingkungan di bawahnya.

Keunggulan lain dari atap ini antara lain, tahan angin hingga 192,12 km/jam, tahan beban hingga 0,9 t/m,² cocok digunakan di daerah empat musim atau pedesaan.

Selain itu kanopi ini memiliki beberapa pilihan warna. bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah Anda. Kanopi ini memiliki dua tipe jenis yaitu onduline premium dan sangat premium. Untuk harga pasang kanopi per meter cukup terjangkau.

Jenis Kanopi Onduline Harga (per meter)
biasa Rp. 370.000
sangat premium Rp. 385.000
  1. Galvalum

Kanopi ini memiliki banyak peminat, pemasangan yang mudah membuat harga borong tenaga bikin kanopi juga lebih terjangkau.

Bahan galvalum dapat menopang kanopi dengan kuat dari berbagai cuaca. Selain pemasangan yang mudah jenis kanopi ini memiliki harga yang lebih terjangkau dari jenis kanopi lain, harga pasang kanopi per meter dari galvalum dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Jenis Kanopi Galvalum Harga (per meter)
galvalum full rangka Rp. 295.000
galvalum tebal (0,75) elegan Rp. 270.000
galvalum tebal (0,75) minimalis Rp. 245.000
  1. Baja Ringan

Meski harga pasang kanopi baja ringan per meter cukup tinggi namun tingkat penggunaan atap baja ringan terus meningkat. Hal ini dikarenakan baja ringan merupakan jenis kanopi yang dapat menopang dengan sangat kuat dalam jangka panjang. Selengkapnya, berikut daftar lengkap harga atap baja ringan:

Baca Juga :  Membeli Rumah Idaman
Bahan Kanopi Baja Ringan Harga (per meter)
go green Rp. 325.000
polikarbonat Rp. 360.000
spandek Rp. 340.000
onduline Rp. 380.000
alderon Rp.560.000
  1. Besi Hollow

Rangka kanopi ini adalah rangka dengan harga termahal. Meskipun begitu harga tidak pernah membohongi kualitas.

Harga yang mahal akan memberikan banyak manfaat bagi peminatnya, salah satunya dengan ketahanan kanopi pada cuaca atau kejadian alam seperti gempa bumi. Perlindungan akan ketahanan yang prima juga akan semakin terjamin.

Jenis Kanopi Besi Hollow Harga (per meter)
Hollow Stainless (4×4 (1.2mm) 304 & 210) bahan polikarbonat Rp. 810.000 – 1,5 juta
Hollow Stainless (4×6 (1.2mm) 304 & 210) bahan polikarbonat Rp. 960.000 – 1,6 juta
  1. Fiber

Atap fiberglass pada dasarnya terbuat dari bahan serat sintetis yang terdiri dari beberapa bahan kimia dan diproses melalui beberapa proses manufaktur untuk menghasilkan lembaran atap. Jenis atap ini jauh lebih aman digunakan dan tidak terlalu berbahaya. Selain itu, atap ini sangat tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Oleh karena itu atap ini sangat cocok digunakan pada area hunian di iklim tropis seperti Indonesia. Atap jenis ini umumnya digunakan untuk ventilasi cahaya pada bangunan atau fasilitas yang membutuhkan cahaya untuk menyebar dengan perpindahan panas yang minimal, seperti pabrik dan gudang.

Jenis Kanopi Fiber Harga (per meter)
biasa Rp. 240.000
modern Rp. 270.000
premium Rp. 430.000
sangat premium Rp. 450.000
  1. Stainless / Pipa

Kanopi ini cukup fleksibel karena tidak dapat dibuat sesuai dengan jenis yang diinginkan. Bentuk dari kanopi ini sudah permanen dan bisa langsung dipasang. Ada banyak bentuk misalnya kubah, seperempat, bulat atau bahkan standar. Berikut daftar harga pasang kanopi per meter pipa:

Jenis Kanopi Stainless/Pipa Harga (per meter)
Hollow Pipa 1 ¼ (1.2 mm) 304 & 210 bahan polikarbonat, model lengkung/datar Rp. 660.000 – 1,4 juta
Hollow Pipa 1 ¼ (1.2 mm) 304 & 210, bahan polikarbonat, model lengkung/datar Rp. 850.000 – 1,5 juta

Kesimpulan

Dengan mengetahui Jenis dan Daftar Harga Pasang Kanopi Per Meter Terbaru anda sekarang bisa tahu harga acuan ketika saat ini anda ingin beli kanopi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca, silahkan baca artikel ayocarirumah.com yang lain.