Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet

Mencari Perumahan Syariah

1 min read

Tips Mencari Perumahan Syariah

Perumahan atau rumah syariah merupakan hunian yang dapat dimiliki tanpa harus melalui proses proses yang dilarang dalam syariat Islam, termasuk di dalamnya adanya riba. Memiliki hunian dengan nuansa islami merupakan impian dari kebanyakan umat muslim. Maka tak heran jika kebanyakan dari mereka memilih perumahan syariah. Biar lebih mudah dapat rumah dengan nuansa islami tersebut, yuk simak tips mencari perumahan syariah ini.

1. Langsung Datang Ke Developer Syariah

Membeli rumah syariah yang paling keren adalah dengan langsung membayar secara tunai kepada pengembang. Proses pembelian tersebut bisa dilakukan apabila kondisi keuangan sangat baik dan memang sudah menyiapkan tabungan untuk membeli rumah terlebih dahulu. Untuk itu, sebuah keharusan untuk membeli rumah yang sesuai dengan budget. Umumnya harga rumah di perumahan berkisar antara Rp 200 juta hingga miliaran.

Di awal membeli rumah tidak apa jika hanya membeli yang lebih murah. Nantinya jika memiliki uang yang lebih, maka bisa melakukan renovasi rumah hingga memiliki harga miliaran. Namun jika uang yang ditabung memang belum mencukupi, ada baiknya untuk memutar uang dengan cara berinvestasi. Sesuai dengan tips mencari perumahan syariah, dalam melakukan investasi tetap pastikan jika mengambil investasi dengan basis syariah.

2. Dengan Cicilan Tanpa Bank

Kebanyakan orang yang membeli rumah dengan sistem dicicil akan membayar tagihan dengan bantuan bank. Lantas bagaimana dengan rumah syariah? Agar terhindar dari riba maka lebih baik untuk tidak mencicil melalui bank. Bagaimana caranya? Anda bisa memilih rumah dari pengembang yang bergabung ke dalam Developer Property Syariah Indonesia (DPSI). Dengan bantuan pengembang tersebut maka cicilan rumah bisa langsung dibayarkan ke pengembang.

3. Melalui KPR Syariah

Ada perbedaan yang mendasar dari KPR konvensional dengan KPR syariah. Pada KPR syariah yang diperjualbelikan adalah barang yang berupa rumah, sedangkan pada KPR konvensional yang diperjualbelikan adalah uang. perlu diketahui pada saat membeli rumah dengan skema pembayaran syariah, maka pembeli seolah olah meminta bank sebagai pemilik modal untuk membelikan rumah terlebih dahulu.

Tips mencari perumahan syariah ini akan membuat Anda membeli rumah tersebut kepada pihak bank dengan cara mencicil tanpa adanya riba. Namun disisi lain, bank masih bisa mendapatkan keuntungan dari adanya margin harga jual dan beli rumah. Sehingga cicilan rumah yang harus dibayarkan tiap bulan akan bersifat tetap dan tidak terpengaruh suku bunga BI.

4. Menjadi Agen atau Sales Rumah

Tips untuk bisa mendapatkan perumahan syariah ini kemungkinan sulit bisa dilakukan oleh semua orang. Namun jika Anda merasa berbakat sebagai penjual atau sales maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi agen atau sales perumahan. Hal ini dikarenakan menjadi agen perumahan akan mendapatkan bayaran. Dimana bayaran tersebut akan tergantung pada kebijakan perusahaan, namun biasanya bayaran seorang agen perumahan sekitar 3 persen.

Namun terkadang juga ada pengembang yang akan memberikan hadiah satu unit rumah apabila agennya berhasil menjual rumah hingga memenuhi target penjualan dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu tips mencari perumahan syariah satu ini bisa menjadi cara cerdas untuk Anda yang ingin memiliki rumah tanpa riba dan pastinya bisa menghemat tabungan.

Itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui untuk bisa mencari rumah syariah. Perumahan atau rumah syariah, oleh sebagian orang dipandang lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan perumahan konvensional. Apalagi jika kini untuk membeli rumah tersebut bukan hal yang sulit lagi, karena hadirnya banyak pilihan yang disiapkan oleh pengembang perumahan dan perbankan.

Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet