Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet

Perhatikan Hal Ini Saat Mencari Rumah Kontrakan

2 min read

Tips Mencari Rumah Kontrakan

Rumah dengan sistem kontrak menjadi alternatif bagi orang orang yang belum mampu untuk membeli atau membangun rumah sendiri. Namun tidak harus orang yang belum mampu beli rumah, terkadang orang yang suka tinggal berpindah pindah juga lebih memilih kontrak rumah daripada beli. jika Anda tengah mencari rumah yang dikontrakkan, maka jangan asal pilih. Biar tidak salah pilih, berikut 7 tips mencari rumah kontrakan yang perlu diketahui.

1. Berada Di Lingkungan yang Baik dan Usahakan Ada Keamanan

Saat ingin mengontrak rumah maka perlu untuk mempertimbangkan lingkungan sekitar. Ada baiknya mencari kontrakan yang berada pada kawasan aman dan memiliki penjaga keamanan sendiri. Akan lebih baik lagi jika kontrakan tersebut berada di wilayah perumahan, dimana biasanya memiliki sistem keamanan yang bisa dipercaya. Adanya penjaga keamanan akan meminimalisir tindak kejahatan, sehingga akan membuat lebih aman dan nyaman.

2. Cari Lokasi Rumah yang Dekat Dengan Tempat Kerja

Lokasi rumah juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum mengontrak rumah. Untuk itu pastikan lokasi kontrakan yang akan ditinggali tidak terlalu jauh dari tempat kerja, dan akan lebih baik lagi jika kontrakan tersebut dekat dengan tempat kerja. Sehingga tidak akan membuat pengeluaran menjadi boros. Selain itu, tempat kerja yang jauh hingga perlu berkendara berjam jam akan menyebabkan stres.

3. Cari Kontrakan yang Memiliki Masa Sewa 6 Bulan atau 1 Tahun

Sesuai dengan tips mencari rumah kontrakan, ada baiknya jika mencari yang menawarkan masa sewa 6 bulan atau 1 tahun saja. Hal ini akan mempermudah Anda apabila sewaktu waktu sudah merasa tidak betah atau bosan dengan rumah tersebut. Atau juga karena alasan dipindahtugaskan ke tempat lain. Namun jika sudah merasa betah dengan kontrakan tersebut, bisa menambah masa sewa rumah untuk di tahun tahun berikutnya.

4. Tidak Perlu Mencari Kontrakan yang Berukuran Besar

Jika Anda tinggal sendiri atau hanya dengan pasangan saja, maka tidak perlu menyewa rumah yang berukuran besar. Rumah hanya dengan 2 kamar tidur saja sudah cukup. Apalagi mengetahui bahwa di rumah tersebut hanya untuk sementara, sehingga tidak perlu yang terlalu mewah. Memilih kontrakan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Jika hanya untuk 2 orang tau 1 orang, lebih baik memilih kontrakan yang sederhana saja.

5. Cek Kondisi Rumah

Mengecek kondisi rumah, sangat perlu untuk melihat rumah masih dalam kondisi prima atau butuh banyak perbaikan. Sesuai dari tips mencari rumah kontrakan, mengecek kondisi rumah sangat wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk mengontrak rumah tersebut. Pastikan jika rumah tersebut dicek secara keseluruhan, apakah masih dalam kondisi bagus untuk ditempati. Dengan menggunakan tips satu ini, maka akan lebih tahu mengenai jumlah budget apakah memadai atau tidak.

6. Harga Sesuai Dengan Budget

Mengetahui berapa jumlah budget yang dimiliki adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mengontrak rumah. Oleh karena itu ada baiknya untuk menetapkan budget terlebih dahulu. Contohnya seperti menyiapkan uang Rp. 35 juta per tahun khusus untuk menyewa rumah. Selain itu, sangat perlu untuk tetap ingat dan berpegang teguh pada budget sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

7. Dekat dengan Pusat Perbelanjaan dan Rumah Sakit

Pusat perbelanjaan dan rumah sakit merupakan fasilitas vital guna menunjang kehidupan dalam masyarakat. Memastikan rumah memiliki lokasi yang strategis yakni terletak dekat dengan pusat perbelanjaan dan rumah sakit termasuk dalam tips mencari rumah kontrakan yang wajib diketahui. Pasalnya fasilitas umum akan mempermudah Anda pada saat membutuhkan perawatan atau sekedar ingin berbelanja.

Demikian 7 tips yang perlu Anda ketahui sebelum mencari rumah untuk dikontrak. Mengontrak rumah bukan berarti seenak saja memilih dan yang penting mendapatkan rumah. Meski hanya kontrakan, namun pastikan jika rumah tersebut bisa membuat nyaman dan aman bagi para penghuninya. Jadi, sudah siap untuk mengontrak sebuah rumah dan hidup dengan mandiri?

Bahpong Hanya seorang yang hobi blogging dan segala sesuatu tentang cara menghasilkan pundi-pundi dari internet