15 Contoh yang termasuk kedalam Hiasan Eksterior Rumah

Hiasan eksterior adalah hiasan yang dapat memperindah penampilan luar rumah. Beberapa contoh hiasan eksterior, bisa ditemukan pada bagian luar rumah. Ornamen yang dipilih harus selaras dengan bentuk hunian agar tidak terlihat berlebihan.

Apa Hiasan Eksterior Itu?

Hiasan eksterior adalah hiasan yang terletak pada bagian depan rumah atau di luar ruangan. Selain di depan rumah, hiasan eksterior juga bisa berada di taman belakang rumah. Hiasan ini berfungsi untuk menambah keindahan tampilan rumah agar lebih menawan saat dilihat.

Apa Saja Contoh Hiasan Eksterior yang Bisa Dipasang di rumah?

Menentukan ornamen dengan hunian harus dilakukan lebih dulu supaya tidak salah pasang. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keindahan yang tepat dengan gaya rumah yang ditinggali. Rumah yang minimalis tentu saja tidak akan cocok jika dipasang hiasan dengan banyak ornamen.

Memang betul ornamen itu indah, akan tetapi terlalu banyak ornamen dapat membuat penghuni rumah merasa tertekan. Itulah hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu memilih ornamen sangat penting sebelum melakukan pemasangan di rumah.

Lalu apa saja hiasan eksterior yang dapat dijadikan contoh untuk dipasang di rumah? Berikut beberapa contoh hiasan eksterior yang bisa menjadi contoh untuk menambah keindahan rumah Anda.

  1. Hiasan Bebatuan Alam

Seperti yang Anda ketahui, batu alam sering digunakan untuk penghias eksterior sebuah rumah. Batu alam juga terlihat tak lekang oleh waktu, karena bentuk, warna dan desainnya cocok dipadukan dengan berbagai dekorasi rumah. Anda dapat mengubah kolam ikan di halaman belakang Anda menjadi dekorasi luar ruangan yang indah dan modern.

  1. Hiasan Pada Dinding

Anda dapat menghias dinding taman dengan logam. Logam seperti besi, perak atau aluminium baik untuk dekorasi rumah maupun dekorasi eksterior. Anda dapat menempelkan dekorasi logam ke area tersebut, seperti dekorasi mosaik, jam, dan lainnya.

  1. Hiasan Tanaman Gantung

Apakah Anda menyukai rumah dengan tema naturalistik? Tidak ada salahnya mendekorasi bagian luar rumah yang penuh dengan tanaman hias.

Dekorasi luar ruangan saat ini beragam dan datang dalam banyak variasi. Dengan cara ini Anda bisa lebih leluasa memilih tanaman yang Anda sukai. Tanaman hias juga bisa ditaruh di pot gantung di halaman depan rumah agar tampilan hunian terlihat lebih asri dan rapi.

  1. Hiasan Dari Barang Bekas

Barang bekas yang dihias dan diperbarui cocok untuk mendekorasi bagian luar rumah. Menggunakan barang bekas sebagai dekorasi dapat mengurangi tumpukan sampah dan menjadi pabrik daur ulang alami.

Baca Juga :  Menjadi Pebisnis maupun Investor Properti

Jika sebelumnya Anda menanam tanaman hias di pot gantung, Anda juga bisa memanfaatkan limbahnya sebagai pot bunga.

  1. Hiasan Pergola

Pergola adalah bangunan yang berguna untuk naungan atau perlindungan dari panas dan teriknya matahari. Apakah Anda memiliki halaman belakang yang luas? pergola dapat dibangun baik sebagai ruang tamu maupun sebagai dekorasi luar ruangan. Sebagai salah satu contoh hiasan eksterior, pergola bisa dimodifikasi dengan hiasan tambahan seperti tanaman hias dan kursi taman yang berfungsi sebagai tempat duduk yang nyaman.

  1. Gazebo

Bangunan kecil yang memiliki atap dan tiang penyangga ini biasanya berada di belakang rumah. Biasanya gazebo dibiarkan di ruang terbuka agar penghuni bisa menikmati sepenuhnya keindahan alam sekitar.

Modelnya juga bisa bermacam-macam, ada yang segi delapan, persegi, bulat dan lain-lain. Gazebo sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti relaksasi, istirahat minum teh dan belajar di luar ruangan.

  1. Hiasan Bambu

Bambu dapat dipilih untuk dekorasi luar ruangan, seperti hiasan dinding, dekorasi taman minimalis, dan pagar.

Menggunakan bambu sebagai material utama, tampilan rumah tampak lebih tropis dan sekaligus lebih alami. Hiasan bambu ini akan memberikan efek suasana yang sejuk dan nyaman untuk tetap berada di rumah.

  1. Hiasan Atap

Seringkali arsitek Indonesia mengadaptasi desain rumah tradisional ke rumah modern. Struktur atap rumah tradisional Bali sangat cocok digunakan pada rumah modern. Selain itu, ada hiasan atap tiruan lainnya, seperti rumah Joglo Jawa atau rumah adat Sunda.

  1. Hiasan Pada Pagar Rumah

Pagar menjadi elemen penting dalam sebuah hunian karena terletak di depan rumah. Pagar tidak hanya melindungi, tetapi juga menghiasi rumah.

Ada berbagai jenis pagar yang terbuat dari kayu, besi tempa, dan baja ringan. Anda dapat menambahkan dekorasi pada pagar untuk membuat tampilan depan rumah semakin menawan, seperti menambahkan tanaman rambat, bunga, lampu hias, dan pemilihan cat dengan warna terang juga sangat penting untuk menampilkan kesan mewah.

  1. Hiasan Batok Kelapa

Batok kelapa mudah ditemukan di iklim tropis Indonesia. Oleh karena itu, satu dari contoh hiasan baik untuk hiasan eksterior maupun interior yang kreatif dapat dibuat dari bahan ini. Anda dapat menggunakan bahan ini untuk membuat berbagai dekorasi rumah, seperti jam, lampu hias, dan pot bunga.

  1. Hiasan Tanaman Rambat

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk menambahkan dekorasi ke halaman Anda, dinding bisa menjadi alat yang tepat. Salah satunya menggunakan tanaman rambat.

Baca Juga :  Ketahui Ukuran Paving Block, Sesuai Pasang

Warna hijau alami yang menyebar pada dinding rumah efektif membuat tampilan rumah dapat lebih segar dan hidup. Apalagi jika tanaman yang dipilih adalah tanaman berbunga, tentunya Anda tidak membutuhkan banyak hiasan lagi untuk menghiasi bagian depan rumah.

  1. Miniatur Patung

Bentuk hiasan ini digunakan untuk mendekorasi ruangan baik di dalam ruangan (interior) maupun di luar ruangan (eksterior).

Sesuai keinginan peminatnya, patung sebagai figur hias bisa berupa hewan maupun manusia. Patung dekorasi tidak menyatu dengan konstruksi bangunan berbeda dengan patung arsitektur seperti candi sebagai penunjang konstruksi bangunan.

  1. Pot Bunga

Pot Bunga bisa dijadikan sebagai hiasan eksterior untuk menambah keindahan dan keasrian rumah Anda.

Banyak tanaman dan bunga akan membuat tamu terkesan dengan kerapian rumah Anda. Pot bunga juga dapat dipindahkan dengan mudah sehingga Anda bisa mengatur letak pot sesuai keinginan Anda.

  1. Lampu Hias

Sebagai salah satu contoh hiasan eksterior kebanyakan lampu hias digunakan untuk melengkapi dekorasi taman.

Dengan lampu hias taman, nilai estetika tetap terlihat meski di malam hari. Penataan lampu hias pada taman juga harus diperhatikan agar bekerja secara optimal, hindari pembuatan lampu dengan konsep taman tertentu.

  1. Taman

Jika ada halaman yang cukup luas, Anda bisa membuatnya menjadi taman. Meski tamannya kecil, namun cukup memberikan kesan lahan hijau sebagai penyegar mata.

Taman biasanya tidak didekorasi dengan rumit, karena taman juga bisa dihias dengan berbagai dekorasi outdoor misalnya, menempatkan lampu taman sedemikian rupa sehingga bisa membuat kesan yang lebih indah.

Beberapa contoh hiasan eksterior diatas bisa Anda tiru dan Anda terapkan di rumah Anda. Hiasan eksterior adalah hiasan yang dapat Anda modifikasi sesuai keinginan Anda. Menambah furniture juga akan semakin mempercantik hiasan eksterior.

Sesuaikan ukuran furnitur yang dibeli dengan luas area, jangan biarkan furnitur memengaruhi desain interior rumah Anda tanpa keseimbangan.